a kikie-ish reason list on saving energy

And the death threat goes on. You know, the global warming. Sebetulnya masalah ini sudah lama muncul di bumi ini, tapi baru akhir-akhir ini aja masalah ini jadi topik terkemuka di mana-mana. Mungkin karena keadaannya semakin parah, dan sudah terlihat dampak nyatanya di berbagai tempat.

Karena ini masalah global yang benar-benar global, penyelesaiannya juga baik dilaksanakan secara global. Maksudnya, kita semua berpartisipasi gitu. Prinsipnya mulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri. Kalau hal-hal kecil itu dilakukan secara global, which means semua orang melakukannya, hasilnya bakal ngaruh banget lho ya. Ingat filosofi sapulidi. Lidi-lidi kecil disatukan untuk melakukan hal kecil yang sama, jadilah fungsi sapulidi itu.

Hal kecil yang ingin saya ketengahkan kali ini adalah mengenai penghematan energi. Dari menghemat listrik, menghemat air, menghemat bahanbakar sampai meminimalisir sampah. Berikut adalah manfaat menghemat energi menurut Kikie:

1. Merupakan langkah awal menyelamatkan umat bumi (nggak cuma umat manusia. Inget dong, di bumi ini nggak cuma manusia aja yang hidup!) dari dampak lebih lanjut nan mematikan dari pemanasan global.

2. Hemat uang. Dengan menghemat listrik; air dan bahanbakar, uang yang mesti dibayar untuk ketiga hal itu juga jadi lebih sedikit. Alhasil uang yang terhemat bisa dipakai untuk hal-hal lainnya atau disimpan untuk hari depan.

3. Dengan sedikitnya kita membayar listrik; air dan bahanbakar, semakin sedikit uang masuk ke kas pengelola ketiga hal tersebut di negara ini. Kas yang notabene isinya sering diselewengkan untuk kepentingan pribadi oknum-oknum terkait.

4. Dengan sedikitnya kita memakai listrik, akan ada listrik yang dapat terpakai untuk saudara-saudara kita di daerah pinggiran. Yang sering menderita pemadaman listrik tiga kali sehari (persis minum obat) dengan alasan “tidak cukup energi”. Believe me, electricity downtime for 3 times a day really sucks. Coba deh ke kampung saya di aceh sekali-kali. Atau ke medan. Nginepnya di rumah rakyat, rasakan matilampu 3 kali 4 jam sehari itu.

5. Tanpa terlalu banyak lampu menyala di malam hari, bintang-bintang yang bertaburan di ruang angkasa akan menampakkan dirinya di langit. Kalau cuacanya sedang cerah. Indah, keren, mungkin juga romantis (romantis si koncone walang kekek). Sekadar sidenote, nggak perlu memiliki kemampuan menarik garis-garis rasi bintang dan menghapal bentuk serta namanya untuk menikmati langit indah di malam hari.

6. Kebiasaan menghemat energi akan menajamkan kedisiplinan dan kemampuan manajemen kita. Ada hubungannya kok, beneran.

Jadi, penghematan  energi ini bukannya untuk menunaikan program 17-22. Tapi demi kita semua.

Ohya. Meskipun penghematan energi mencakup menghemat air, tidak berarti kamu harus mengurangi asupan air ke dalam tubuhmu. Believe me, that won’t be good.

Tinggalkan komentar