Archive for the prihatin Category

may 1st, 2008

Posted in pergolakan batin, prihatin on Mei 4, 2008 by kikie

sepertinya saya masih penat atas kamis lalu yang berlangsung di luar ekspektasi minimal dan akhirnya berantakan betul. mungkin di antaranya karena realisasi yang tidak berlangsung betul sesuai yang telah direncanakan. yang jelas pihak yang merasa paling benar di muka bumi itu telah mengacaukan segalanya. banyak hal yang kemudian berubah dan dilenyapkan. hal-hal yang kemudian membuat saya merasa kehilangan sebelum mendapatkan.

tidak, saya tidak ingin beristirahat karena itu. hanya saja keadaan juga memaksa saya untuk berbaring sejenak dan berkumpul dengan keluarga kembali. dan berlagak seakan semuanya baik-baik saja, di hadapan mereka. sebagaimana banyak yang telah menipu saya tentang keadaan di luar rumah ketika saya masih sekolah dulu. seakan semua baik-baik saja. padahal tidak, sungguh jauh dari “semua baik-baik saja”.

andai saja senin besok saya tidak perlu kembali ke bangku kuliah dan duduk manis selama berjam-jam mendengarkan kuliah yang menjemukan tanpa dapat bergegas dan mondar-mandir ke sana ke mari. tanpa dapat bergurau apa adanya tanpa beban moral yang menjijikkan. tanpa dapat benar-benar menjadi diri saya sendiri. sungguh statis adalah keadaan yang memuakkan.

“siapa yang kalian sebut perusuh? kalian lah yang menghabisi kami tanpa ampun. heran bahwa kita sama manusia”

try to tolerate annoying people …

Posted in ngebacot, prihatin on April 29, 2008 by kikie

orang yang nggak bisa membedakan yang mana yang metafor dan bukan metafor
orang yang nggak bisa membedakan kapan bercanda kapan nggak bercanda
orang yang nggak bisa mendeteksi nada sarkasme
orang yang merasa sudah paling bijak di muka bumi padahal nggak pernah mencoba keluar dari zona nyaman tempat ia berkubang selama belasan tahun lamanya sehingga cuma belajar dari balik jendela
orang yang orientasinya cuma rajin kuliah lalu dapat IPK tinggi lalu lulus dengan cepat lalu dapat kerja dengan gaji yang tinggi atau berkeluarga sakinah mawaddah warahmah lalu mati masuk surga

life would be so damn boring, baby!

aku memang dapat mentoleransi orientasi memuakkan seperti itu pada orang lain di sekitarku.
tapi ketika mereka tidak dapat mentoleransi perbedaan orientasi hidup yang mereka saksikan padaku …
ingin sekali menonjok wajahnya hingga hidungnya mimisan, sembari aku berteriak
“WAKE UP BABY, GET A LIFE!!!”

kemenangan macam apa?

Posted in ngebacot, prihatin on April 20, 2008 by kikie

ini cuma ocehan tidak berguna seputar berita yang hari ini masuk RSS readerku.

sesinting-sintingnya aku (dan bahwa aku mengaku tidak ingin sembuh dari berbagai kejanggalan dalam diriku), entahlah… mungkin aku hanya tidak mengerti, tapi kupikir orang-orang ini jauh lebih sinting. sinting dalam konteks yang tidak menyenangkan.

nggak mau membahas lebih jauh soal seorang mantan pejabat orba yang bikin partai baru dan konon kena “celebrityness syndrome” (entah sindrom macam apa pula itu, istilah dari seorang ilmuwan LIPI). aku bukan orang dengan selera humor yang cukup umum, sehingga aku justru muak dengan dagelan-dagelan yang ditawarkan panggung dagelan besar di area kepulauan indonesia ini.

entah apa yang diinginkan, sehingga kepala seorang manusia yang kebetulan jadi “warga amerika” ditawarkan sebagai hadiah kepada presiden amerika serikat. korelasinya apa dengan “jalan menuju kemenangan”? adalah konyol bahwa kemudian dimaklumi tentang sifat dasar kelompok ybs yang memang memukul rata segala sesuatu: semua warga amerika adalah kafir; semua kafir adalah musuh; semua kafir telah dihalalkan darahnya untuk ditumpahkan. hal gila seperti itu nggak bisa dimaklumi. tapi memang hal itu sepertinya sudah umum.

entah siapa yang bebal, aku yang kini semakin meragukan moralitas dan klaim kebenaran agama-agama, atau siapa? aku tidak melihat ada korelasi antara “jalan menuju kemenangan” dengan menyerahkan kepala seorang manusia kepada presiden negaranya. lagipula memangnya presiden itu benar-benar peduli? terutama presiden macam itu. “serangan terhadap keadilan”? apa yang mereka pikirkan tentang keadilan? keadilan macam apa? mau kemenangan macam apa? apa yang bisa mereka nikmati dari semua kegilaan ini? oh ya, ada yang namanya kelainan jiwa seputar kepuasan terhadap keberadaan situasi yang nggak manusiawi. apa ini adalah kelainan jiwa massal lainnya?

ah, ini sudah semakin rawan, bisa-bisa aku diresmikan sebagai satu lagi manusia yang dihalalkan darahnya untuk ditumpahkan ke atas tanah…. tanah tuhan, tuhan macam apa yang haus darah dan mengkehendaki semua ini? ah, lagi-lagi…

sementara di sekitar hidupku kini, orang-orang mengajak berkonfrontasi atas apa yang sebetulnya benar-benar nggak penting. senang banget sih buang-buang energi? pada masa di mana konon persediaan energi semakin menipis seperti sekarang…

ah, laper!!

terkait : ini dan ini.

habis kata

Posted in prihatin on April 4, 2008 by kikie

aku habis kata … menyaksikan semua dagelan yang konyol tapi gak menghibur itu.

celana dan rok perempuan pemijat yang digembok.
youtube.com yang terancam diban di indonesia gara-gara video fitna.
produk belanda diboikot karena ulah trickster nyentrik bernama Geert Wilders.
denda gara-gara kartu gak berguna yang lenyap tanpa bekas.
semuanya menyalahkan moral dan nurani.
menuding kebencian pekat terhadap kelompok tertentu.
lari dari kesempatan introspeksi dan melanjutkan dagelan berkepanjangan …

memang dagelan yang tidak lucu selalu menjadi dagangan klise-tapi-laku …

(makin aneh aja penampakan user panel wordpress.com ini)

youtube terancam diban di indonesia

Posted in prihatin on April 3, 2008 by kikie

DAMN!! ternyata masih seputar Fitna! sang menteri komunikasi dan informasi indonesia, muhammad nuh, menyatakan bahwa jika film tersebut tidak dihapus dari youtube dalam waktu 48 jam maka youtube akan diblok di ISP-ISP indonesia.

emangnya youtube isinya bakal itu doang? lalu bagaimana dengan liveleak.com dan tempat-tempat lainnya yang sudah memuat film tersebut bahkan menyediakannya untuk didownload? apa sih yang ada di pikiran menteri sinting itu? sori, tapi segatek itu kok bisa jadi menteri komunikasi dan informasi sih?

reaksi yang nggak kalah konyolnya juga terjadi di malaysia. ketika produk-produk dari belanda diboikot atas dasar pembuatan film tersebut yang sebenarnya juga sudah diban di negaranya sendiri. di sisi lain, para pengusaha belanda sudah mengancam akan menuntut Geert Wilders apabila film tersebut mendatangkan aksi boikot yang lebih luas.

hah, lucu juga kalau youtube.com diban sementara redtube.com masih bisa diakses dengan leluasa. makin absurd aja negara ini =))